Thursday, April 05, 2007

UPDATE

Dah luammaaaaa rasanya gak tulis2 lagi..Minggu2 ini Ibu, Bapak dan Kyra mengalami banyak kejadian...

Seneng dan susah jadi satu...Dan diriku mau cerita panjang lebar nih, baca baik2 yahhhh..


CERITA SENENGnya:

Cerita dimulai dari Liburan Kita yang menyenangkan ke Bali, akhir bulan Maret kemarin. Kyra keliatan seneng banget, apalagi Ibu n Bapak yah..hehe...

Kita berangkat dari Jakarta sore hari. Perjalanan dari rumah ke bandara lumayan lama juga, 2 jam, sama deh perjalanan Jakarta-Bali pake pesawat :))

Ni pas Kyra lagi manyun di Bandara, nungguin boarding lama banget euyyyy....Kita naik Air Asia dan ternyata ada sedikit trouble waktu check in di bandara. Nama Kyra belum terdaftar jadi penumpang...wahh wahh..kok bisa yah..

Setelah dilempar sana sini dan udah sedikit jengkel juga, terjawab sudah kebingungan kita karena ternyata ada kesalahan penulisan data di kompi mereka (gak professional banget ihhh)...tapi alhamdulillah akhirnya Kyra bisa dimasukin juga dalam daftar penumpang...dan selanjutnya terbanglah kita bersama Air Asia ke Bali...

Pas di pesawat, Kyra takjub liat pemandangan di bawah, mau dipasang seatbelt gak mau, disuruh duduk gak mau...maunya liat jendelaaaaa aja....hehe..(dasar wong ndeso)

Sampe Bali udah malem hari...langsung deh kita menuju hotel di Sanur. Kita nginepnya di Sanur Paradise Hotel. Hotelnya asyik, tempatnya tenang dan deket pantai..kalo mo nyoba ni hotel, recommended banget dehh...





Besoknya mulailah kita jalan2...selama 3 hari di Bali kita jalannya gak jauh2 kok cuma ke Sanur n Kuta aja..soalnya cuaca kurang mendukung, ujan terus...hu hu hu

**Ni foto2 kita pas di Sanur:






Kita maen2 di pantai Sanur dari pagi mpe siang, sorenya kita jalan2 di sekitar daerah Sanur naik shuttle bus yang udah disediain ama hotel...gak sampe malem soalnya ujan jadi males kemana-mana..akhirnya ngendon aja di hotel menikmati live music sambil nidurin kyra..

Besok paginya kita meluncur ke Kuta, o iya..buat mbak lesca, ternyata aku dapet sewaan mobil yang lebih murah lagi dari Pak Made loh..hehe...jadi gak jadi deh pake Pak Made...anyway, thank 4 your info yah...tapi hotelnya emang asyik banget deh..

Kita seharian maen di Kuta..dari pantai, pasar mpe mall n toko2 di sepanjang pantai kita masukin..mumpung lagi pada sale n diskon..hehe..

**Ni pas mleper di emperan toko2 pinggir pantai:






**Pantai Kuta:







Setelah puas2 maen di Kuta mpe malem, kita langsung balik ke hotel, siap2 n cabut ke bandara..Dapet tiket balik Jakarta malem hari jam 11...

Pas di bandara ehhh..ketemu artis, suaminya Amara yang si Frans itu loh, dia satu pesawat ma kita..(ihhh gak penting banget deh, hihihi)...

Di pesawat Kyra bobok terus sampe.. -alhamdulillah- tiba dengan selamat di bandara Soekarno Hatta jam 1 pagi...


CERITA SEDIHnya:

Besoknya setelah pulang dari Bali Kyra masih ceria seperti biasa, sampe hari minggu aku masuk kantor seperti biasa...pas di kantor sempet telpon rumah nanyain kyra sama mbaknya dan dia bilang kyra batuk-batuk...kayaknya kyra kecapaian abis jalan2 itu..

Mulai deh aku khawatir, karena biasanya kalau udah batuk2 asma kyra bakalan kumat...akhirnya aku putusin untuk minta ijin pulang sama pak bos sambil terus berdoa ya Allah jangan sampe kyra kumat lagi....sampe rumah emang kyra batuk2 terus n gak mau makan, tapi belum sesek...

Malem harinya, batuk kyra makin menghebat dan udah mulai sesek..kyra nangis terus minta gendong dan gak bisa bobok...aku putusin untuk bawa kyra ke dokter besok paginya..

Besoknya setelah ke DSA langganan, kyra dipriksa dan dibolehin pulang (sebenernya kita dah minta dirawat aja karena kyra rewel trs dan seharian kemarin dah gak mau makan n lemes)...Tapi ketika nyari2 kamar untuk rawat inap ternyata penuh smua, akhirnya kita pulang dengan bawa surat rekomendasi dari DSA kyra untuk ke RS terdekat kalo kyra tambah lemes..

Hari Slasa pagi Kyra tambah rewel..trus kita bawa dia ke RS Mary, Cileungsi..dengan pertimbangan deket rumah dan nih RS lumayan juga..Disana Kyra langsung masuk rawat inap. Dapet inhalasi 2 kali sehari, diinfus dan dapet obat racikan dari DSA sana...Aku pikir pertama kali ketemu nih dokter lumayan juga, tapi ternyata dia bener2 cuman modal dengkul aja jadi dokter!!! sok sok meriksa tapi gak tau apa yang harus dilakuin...

Malemnya kyra kayaknya dah lumayan gak sesek...tapi subuh jam 3 pagi hari Rabu kyra tiba2 batuk hebat gak berhenti-berhenti....
Dari jam 3 pagi itu sampai jam 7 malem, kyra batuk2 terus dan setiap maem dan minum langsung muntah lagi krn batuk...Kyra udah bener2 lemes...

Akhirnya aku inisiatif bilang ke suster kayaknya nafasnya udah sesek banget, baru tuh suster "ngeh" kalo kyra dah payah banget dan buru2 manggil dokternya lagi...
Jam 7 malem itu dokter datang, sama temennya (dokter jaga)..trus priksa kyra lagi..trus tiba2 dia ngomong.."Kyra harus kita rujuk secepatnya..." WHATTTTT????

Tiba2 banget dia bilang gitu...kontan aja aku nangis n lemes mes....bapaknya Kyra juga langsung bingung, dia sempet nanya ke dokternya apa tuh dokter yang gak becus atau emang gak ada fasilitas..trus dokter bilang alasannya karena di RS Mary gak ada fasilitas NICU-PICU (ruang ICU yang utk anak2)

Akhirnya malem itu baru kyra dikasih oksigen dan agak legaan (YANG SEHARUSNYA UDAH DIKASIH TUH O2 DARI SUBUH TADI)..ternyata kyra batuk2 terus karena sesek...infus dicopot karena mau dirujuk, tapi akhirnya dipasang lagi setelah kita minta...(karena kyra dah lemes banget)

Jam 7 malem itu sampe jam 12 malem nyari RS, telpon sana sini semua penuh...tapi alhamdulillah, RS Bunda Menteng ada kamar yang kosong dan mereka memiliki fasilitas ICU Anak..

Langsung kyra kita bawa kesana pake ambulans...(aduhhh kyraaa...rasanya badan ini udah mau lepas aja dan lemes banget).. Tiba di Bunda sekitar jam1 pagi, langsung masuk UGD, ternyata kyra gak perlu masuk ke ruang NICU-PICU itu ...dan sebenernya kalau penanganannya bener dan dikasih oksigen dari pertama dia sesek banget, kejadiannya gak akan separah ini karena sampe udah biru idungnya Kyra...(dasar dokter di Mary cuman jual tampang doank!!!)

Di UGD langsung diganti selang oksigennya dengan yang lebih kecil biar masuk semua ke dalem idung dan infus juga diganti..trus kyra masuk ke ruang rawat inap (skali lagi gak perlu NICU-PICU)
Alhamdulillah...setelah 6 jam di RS Bunda, Kyra membaik..dan semakin membaik...sampe sekarang udah sehat lagi dan ceria lagi...

Kyra 4 hari dirawat di RS Bunda dan baru 2 hari kemarin pulang ke rumah...Alhamdulillah ya Allah...Terima kasih sekali buat DSA langganan Kyra, Dr. ISmail Sangaji, yang selama ini udah jadi dokter yang baik n sabar, udah ikut bingung pula nyari2in Rumah Sakit buat Kyra..terima kasih juga buat Dr. Widodo, yang udah membantu dalam kesembuhan Kyra di RS Bunda.

Hikmah dan pelajaran berharga buatku:
1. Jangan lagi bikin kYra terlalu capek, sebelum dia bener2 dah kuat dan gedean.
2. Jangan lagi datang ke RS yang belum kita tahu dengan pasti reputasinya, walaupun itu deket dengan rumah sekalipun atau walaupun penampakan fisiknya meyakinkan.
3. Jangan lagi terlena dengan kesehatan...karena kyra, yang aku pikir udah mulai kuat dan gede..ternyata memang masih seorang anak berusia 1 tahun yang imunitasnya belum terbentuk sempurna.
4. Jangan pernah berpikir kalau kita senang, anak pasti juga senang...atau kita merasa telah menyenangkan anak, tapi ternyata malah membuat anak kita celaka...karena toh setelah aku pikir2, kyra kan belum tau betul apa itu Bali...mungkin sebenarnya cukup dengan selalu bersamanya yang malah justru membuat dia sehat dan senang...


bener bener sebuah pelajaran buatku ya Allah....terima kasih telah Engkau peringatkan kami...

Tapi sayang, waktu di RS gak sempat foto Kyra karena panik :)...Minta doanya yahhh..semoga Kyra bisa sehat dan ceria selalu....amieennnn....

4 comments:

putri said...

Kalau bawa anak2 jalan... jangan perjalanan terlalu malam/pagi. Perlu dipikirkan jam tidur anak, agar badan tetap fit.

Salam kenal... Semoga Kyra cepat sehat lagi ya..

RidwanFamily said...

senangnya jalan2... nggak apa2 ya kyra, alhamdulillah episode kambuh asmanya dah lewat & sehat kembali.. emang susah kalo asma, sensitif banget...

jangan kapok ajak jalan2 bapak + ibu lagi ya kyra... :)

ninik said...

Masyaallah, Kyra baru sakit ya.semoga cepat sembuh. Bener Bu, seringkali ortu egois dengan keinginan sendiri untuk jalan2. Semoga itu yang terahir Kyra nginep di RS. Kakak kavin sudah hampir 8 kali nginep di RS. yang sabar ya..

Lesca said...

Ya ampun Ky....
Aku merinding baca cerita Kyra waktu sakit. Semoga cepat pulih kembali ya...
Benaia juga punya asma, jadi aku tau gmn rasanya :(
Cepet sembuh ya Cah Ayu...
Tips2 nya bagus banget Ky...
Lain kali ke Balinya ngajak aku aja gimana? Hehehe..... :D Biar ada temennya gitu... ;-)